Senin, 03 Desember 2012

KARYA CIPTA INDONESIA YANG BELUM DI PATENKAN



1 . Robot Tempur Dari Lemjitek TNI AD Malang
Robot yang diciptakan pada tahun 2009 dan belum memiliki nama ini, digerakkan dengan tenaga listrik dari dua baterei yang tersimpan di dalam bodi robot. Dua baterei ini memiliki kekuatan 36 volt yang berfungsi untuk penggerak, dan 12 volt untuk sistem kontrolnya Ukurannya 1,5 m kali 0,5 m dengan berat sekitar 100 kg. Robot ini memiliki mesin penggerak dua roda,dan mampu mengangkut beban hingga sekitar 150 kg, kecepatan maksimalnya bisa mencapai 60 km/jam.

 



2. Aplikasi Untuk OS Apple buatan Indonesia


   Keterangan dari aplikasi tersebut:
·         Category: entertainment 
·         Updated: 22 December 2011
·         Version: 2.0.1
·         Size: 14.3 MB
·         Language: English
·         Developer: RADIOactive Pte Ltd
·         Untuk mendengarkannya anda cukup connect dengan wifi untuk Ipod sedangkan untuk Iphone dan Ipad cukup on-kan internetnya.
Keunggulan yang dimiliki dari aplikasi tersebut adalah dapat mendengarkan lagu – lagu dari Radio JAK FM yang diputar dari pagi sampai malam, dan tampilan desain untuk RADIO STREAMING cukup memuaskan untuk ditempatkan di perangkat Apple yang dibilang merupakan perangkat Multimedia.
Kekurangan mungkin hanya ada pada di proses buffering saja.
Jadi Aplikasi tersebut layak dimasukkan kedalam list aplikasi diIphone atau Ipad anda yang sering mendengarkan lagu lewat RADIO.




3.      Aplikasi Untuk OS Android buatan Indonesia

keterangan dari aplikasinya:
UPDATED:December 19, 2011
CURRENT VERSION:2.0.1
REQUIRES ANDROID:1.6 and up
CATEGORY: entertainment
INSTALLS:10,000 – 50,000
SIZE:9.7M
PRICE:Free
CONTENT RATING:Everyone
Keunggulan dari aplikasi ini adalah selain gratis, aplikasi ini mensuguhkan lirik lagu yang sedang dimainkan sehingga pas anda sedang membuka Aplikasi JAK FM ANDROID RADIO STREAMING anda langsung bisa melihat lirik lagunya. Selain itu untuk tidak tersedot pulsa, aplikasi ini menyarankan untuk me-off-kan layanan internet.Kekurangan dari aplikasi ini hanya ada pada fitur lirik saja, karena setiap lagu dinyanyikan tetapi terkadang lirik lagu tidak ada, dan yang lainnya hanya proses buffering untuk mendengarkan lagu tetapi proses bufferingnya tidak terlalu lama.
             

4.      Fupei.com

Fupei adalah situs jaringan sosial asli buatan Indonesia. Yang fungsinya membuka website2 seperti OpenID. Fupei mempunyai program terbuka berskala dunia. Member Fupei disebut FUPEIs, membangun jejaring sosial bersama OpenID Provider lain, seperti Yahoo, Google, Mixi dll. OpenID adalah layanan pengenal identitas, yang membolehkan FUPEIs untuk masuk ke dalam website dengan hanya menggunakan sebuah identitas digital. Fupei diperkenalkan secara gratis. Fupei (Friends uniting program especially Indonesia) , adalah sejenis website komunitas yang berisi tentang jurnal persahabatan dan kreatifitas di internet. Sekarang mempunyai anggota lebih dari 80 ribu orang, dengan 96,3 % orang Indonesia. Fupei mempunyai motto, "Without friends, we're nothing". Bahasa yang digunakan beragam, mulai dari Bhs. Indonesia, Inggris, dan bahasa daerah kita, seperti Jawa, Sunda, Betawi dsb. Fitur yang dimiliki Fupei antara lain, kostumisasi profil Fupeis, games, blog, forum, dan chatroom. Kita juga bisa menikmati photo album, video, dan ecard yang teknologinya bersaing dengan flickr, my space, you tube, dan friendster.


5.      Adandu.com
Adandu memiliki tampilan logo dan website yang didominasi warna merah-putih serta maskot berbentuk kartun bintang kuning. Adandu mulai diluncurkan dalam versi beta di bulan Oktober 2009. Berdasarkan data Alexa pada Mei 2009 laju pertumbuhan jumlah halaman website Adandu yang diakses (pageviews) dalam tiga bulan naik 6000%. Sedangkan laju waktu tinggal per orang (average time on site) tumbuh 2400%. Data ini menunjukkan meningkatnya jumlah dan loyalitas pengunjung yang mengakses website


6.      MyPulau.com

MyPulau adalah situs jejaring sosial yang dimotori oleh pihak telkomsel. Sebenarnya MyPulau sudah ter daftar sejak 28 Agustus 2007. Namun situs yang satu ini, baru aktif baru-baru ini. Namanya juga situs jejaring sosial, disini kamu dapat menemukan serta berkomunikasi dengan teman-teman kamu ataupun mencari teman-teman yang baru. Situs jejaring sosial yang satu ini memiliki kelebihan dimana semua hal yang dimiliki situs jejaring sosial ternama seperti facebook dan twitter ada disini. Bahkan yang ada dalam mypulau.com tidak terdapat pada facebook dan twitter.

 

7.      GARUDA OS

Versi : GARUDA 1.1.5
Tanggal Rilis : 20-5-2011
Pengguna : Pemula s/d Mahir
Ukuran : 3.6 GB
GARUDA adalah sistem operasi (OS) legal berbasis sistem terbuka (Open Source) kreasi dari pengembang lokal. GARUDA menggunakan desktop modern yang menawan dan sangat mudah dipergunakan, bahkan oleh para pengguna yang sudah terbiasa dengan Windows.
GARUDA mendukung penggunaan dokumen format SNI (Standar Nasional Indonesia). GARUDA juga sangat aman dari gangguan virus komputer, stabilitasnya tinggi, disertai dukungan bahasa Indonesia dan dilengkapi dengan banyak program dari berbagai macam kategori.
GARUDA bisa diperoleh secara bebas tanpa harus mengeluarkan biaya untuk pembelian lisensi, namun tetap mengutamakan kualitas.

FITUR GARUDA :
  • Inti (kernel) sistem operasi : 2.6.38.7
  • Desktop : KDE 4.6.3
  • Dukungan driver VGA (Nvidia, ATI, Intel, dll)
  • Dukungan Wireless untuk berbagai perangkat jaringan
  • Dukungan perangkat printer lokal ataupun jaringan
  • Dukungan banyak format populer multimedia (flv, mp4, avi, mov, mpg, mp3, wma, wav, ogg, dll …)
  • Dukungan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris serta lebih dari 60 bahasa dunia lainnya (Jepang, Arab, Korea, India, Cina, dll…)
  • Dukungan untuk instalasi berbagai macam program aplikasi dan game (online) berbasis Windows
  • Dukungan untuk berbagai macam dokumen dari program populer berbasis Windows (seperti Photoshop, CorelDraw, MS Office, AutoCAD, dll)
  • NEW : Dukungan Font Aksara Indonesia
  • NEW : Dukungan ratusan Font Google Web 







8.      PC Media Antivirus (PCMAV)
PCMAV merupakan salah satu antivirus yang paling terkenal di Indonesia. Versi saat ini dari PCMAV 1.93 Build 2 dapat mendeteksi dan menghapus virus sekitar 2580 virus termasuk varian dari Brontok, Aksika, Aniee, Jambanmu, dan Windx-Maxtrox, dll.
Berdasarkan file README.txt yang disertakan, hal-hal yang baru pada PCMAV 1.93 antara lain:
  • Ditambahkan, database pengenal dan pembersih 67 virus lokal/asing/varian baru yang dilaporkan menyebar di Indonesia.
    Total 2560 virus beserta variannya yang banyak beredar di Indonesia telah dikenal di versi 1.93 ini oleh engine internal PCMAV.
  • Ditambahkan, engine cleaner khusus untuk virus Autoit beserta variannya.
  • Ditambahkan, engine cleaner khsusus untuk virus Recycler beserta variannya yang diketahui memiliki kemampuan code injection.
  • Diperbaiki, kesalahan informasi pada file PCMAV.log di bagian Operating System, khsusunya saat PCMAV dijalankan di Vista.
  • Diperbaiki, tampilan informasi persentase pada saat proses scanning.
  • Diperbaiki, kesalahan deteksi (false alarm) heuristik pada beberapa program dan script.
  • Diperbarui, perubahan beberapa nama virus mengikuti varian baru yang ditemukan.
  • Perbaikan beberapa minor bug dan improvisasi kode internal untuk memastikan bahwa PCMAV Cleaner & PCMAV RealTime Protector lebih dari sekadar antivirus biasa.





  9 .    Eura AntiVirus-NG System 

antivirus yang hanya menggunakan interface berbahasa Indonesia ini adalah antivirus yang cukup impresif dan dapat mendeteksi 1796 virus. Eura dibuat mampu melakukan update secara otomatis, perlindungan real-time, file log, dan tool tambahan untuk memeriksa Windows startup secara otomatis.

 

10. INDRA: Radar Pertama Buatan Anak Bangsa
  
Radar Maritim INDRA dibangun dengan kemampuan mendeteksi dan mengukur jarak sebuah kapal di lautan dengan penggunaan teknologi Frequency Modulated Continuous Wave (FMCW) yang mampu menghasilkan radar canggih dengan daya
pancar sangat rendah. Karena daya pancarnya yang sangat rendah itu INDRA dapat dioperasikan dimana saja dan tidak akan menggangu perangkat-perangkat lain di sekitarnya.

Dalam proses pembangunan INDRA, RCS-247 bekerjasama dengan institusi-institusi riset, pendidikan dan swasta dalam negeri seperti PPET- LIPI, ITB, UI dan IDE. Dalam kerjasama ini, pembangunan INDRA dilakukan sepenuhnya di Indonesia oleh insinyur-insinyur terbaik anak bangsa. Teknologi radar yang diterapkan pada INDRA didukung juga oleh institusi
riset IRCTR - TU Delft di Belanda yang memang sudah sejak lama menguasai teknologi ini.





11. Septic Tank BIO CARE


Septic Tank BIO CARE Di rencang untuk mengatasi masalah limbah rumah tangga yang dapat mencemari air tanah. Kami memilik hak paten untuk Disain BIO CARE ini. BIO CARE tidak perlu melakukan perawatan khusus dan tidak memerlukan lahan yang luas. Dilengkapi disinvektan tube yang berfungsi mencuci hama, dan aliran tersebut dapat di buang di saluran air umum. Ramah lingkungan. Terbuat dari fiber glass yang kuat dan tidak bocor.




 


12. Alat mesin pemisah tulang ikan (fish meat & bone separator – fish bone separator)  


Mesin ini digunakan untuk memisahkan daging dan tulang ikan. Daging ikan lumat ( mince fish) yang dihasilkan dapat langsung diolah menjadi baso, nugget, otak-otak, kerupuk ikan, atau produk lainnya, maupun disimpan dalam bentuk beku untuk stocking atau penggunaan dalam kurun waktu tertentu. Bahan baku ikan segar yang digunakan adalah jenis-jenis ikan ekonomis rendah seperti gulamah, gerot-gerot, kurisi, selar dan kembung. Penggunaan ikan-ikan ini dimaksudkan untuk memperoleh nilai tambah ( added value) yang signifikan setelah diolah menjadi produk.

  

13. Thomas System

 Thomas system merupakan penangkal petir yang memiliki radius perlindungan yang sangat luas. memiliki 3 varian radius perlindungan
125 meter
60 meter
25 meter

 

14. Robot Buatan Indonesia
  

Sebuah robot asli buatan indonesia yang berani bersaing dengan negara lain.Robot indonesia dari tim robot soccer humanoid league asal Politeknik Elektronika Negeri Surabaya ini bisa mewakili kompetisi Robotic Word Cup (RoboCup) yang di adakan di negara Meksiko. Robot dari Indonesia ini terbilang cukup luar biasa dan sudah berhasil menumbangkan 2 tim (WF Wolves dan PlymouthHumanoid) yang sudah bertahun tahun ikut dalam kompetisi tersebut. Padahal dengan mengikuti kompetisi RoboCup secara berkesinambungan berarti riset mereka sudah cukup lama untuk membangun robot dan intelegensianya.

 


15. Motif batik tulis Belitung


 Motif batik Belitung sudah banyak dibuat oleh Panti Asuhan Nurannisa Fitriani. Koleksi motif yang sudah ada dituangkan ke dalam kain berukuran lebih kecil dan rencananya akan disimpan menggunakan pigura. Nelly Rosila dari Panti Asuhan Nurannisa Fitriani mengakui bahwa banyaknya motif yang mereka hasilkan belum dipatenkan. Dia menyayangkan hal tersebut. Belum dipatenkannya motif-motif tersebut, kata Nelly, membuat mereka hanya bisa diam ketika motif-motif yang mereka buat diambil orang lain.

 

16. Radar HE-ISRA Planar

 Radar hemat energi HE-ISRA Planar adalah Radar buatan Indonesia yang hardware dan softwarenya dirancang dan dibangun dari awal oleh tenaga ahli dari Indonesia. 
Manfaat lain dari penggunaan produk lokal indonesia ini adalah ketersediaan suku cadang dan adanya jaminan perawatan jangka panjang dengan biaya yang ' reasonable' .
Radar hemat energi HE-ISRA Planar ini memiliki jangkauan pengawasan dengan radius 60km dan menggunakan teknologi FMCW ( frequency modulation continuous wave) , dimana konsumsi dayanya hanya 1% dibandingkan dengan produk kompetitor yang menggunakan teknologi Radar Pulsa.Dengan konsumsi energi yang sangat rendah ditambah dengan kebutuhan perawatan yang sangat rendah, maka Radar ini sangat cocok dipakai untuk kawasan terpencil dan pulau terluar.Konsumsi daya yang sangat rendah juga memungkinkan Radar ini didayai oleh Panel Surya. Bila ditambahkan dengan sistem komunikasi data berbasis satelit dan interkoneksi dengan Radar sejenis, maka Radar ini cukup dipantau dari jauh tanpa mengurangi fungsi dan manfaatnya.




 


17. Nanobridge M5 25 dBi


Pertama di dunia hi-performa dan hemat biaya MIMO menjembatani perangkat Paten Pending InnerFeed ™ Teknologi Antena. terobosan MIMO antena biaya / kinerja. Tinggi Antena Gain dan bahkan lebih hemat biaya.
Desain Produk
 Sangat kecil terlihat footpint. Desain mekanik memberikan performa yang tahan cuaca lengkap. Aktifitas dan kekuatan sinyal LED yang disediakan untuk installer. Peningkatan RF dan Ethernet ESD / perlindungan Surge memungkinkan operasi panjang di lingkungan paling keras.Terobosan Wireless Kinerja, AirMax dan Dukungan AirControl 150 + Mbps dari throughput outdoor nyata dan sampai 20km + jangkauan. NanoBridge M produk menggunakan revolusioner Ubiquiti AirMax ™ protokol TDMA memungkinkan performa, carrier-kelas kinerja jaringan PTMP. Selain itu, AirControl aplikasi ™ memungkinkan operator untuk pusat mengelola 100 tentang perangkat.
 
18. Chanal C-61 tct 1 mm P 11, 15m
Menggunakan bahan mutu tinggi Hi-Ten G550 sebagai bahan dasar kekuatan struktur dengan mutu yang konsisten dan merata dengan tegangan maksimum 550 Mpa yang telah di proses pelapisan tahan karat, di produksi dengan mesin khusus dengan tingkat presisi yang tinggi dan hasil bentuk dimensi material yang lebih akurat sebagai penunjang penggunaan sistem struktur rangka atap kuda - kuda yang lebih inovatif untuk solusi ” Rayap & Karat “ .

 


19. Robot Morolipi

Robot pengintai tersebut diberi nama Morolipi v1.0, sebuah mobil robot penjinak bom yang dikembangkan oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) di tahun 2004, kemudian dilanjutkan hingga tahun 2008.
Robot Morolipi v1.0 tersebut dirancang dengan spesifikasi :
·         Panjang 1 meter dan lebar 1 meter, tinggi 90 cm
·         Bobot 80-100 kg.
·         Mampu berjalan di permukaan yang datar ataupun menaiki tangga dengan kecepatan 3 meter per detik tanpa menggunakan energi karena menggunakan kopling elektrik.
·         Memiliki dua ruas lengan dengan panjang 70cm dan dapat bergerak bebas ke lima arah, berputar 360 derajat, juga menekuk,
·         Terdapat gripper sebagai alat penjepit dan pemotong kabel di bagian ujung lengannya,
·         Didukung dengan camera, sensor inframerah, pengontrol artikulator dan artikulator yang dapat mengirimkan detail gambar ke komputer,
·         Dikendalikan dengan jarak maksimal 6km dengan menggunakan tongkat pengendali atau joystick.
·         Memiliki rangkaian elektronik penggerak mulai kontak dengan roda penggerak, lengan, kopling elektronika mekanisme melewati tangga, serta pengontrol supervisor untuk memudahkan pengoperasian,
·         Dapat memotong kabel berukuran 2 mm yang mengalirkan arus listrik itu sebelum sampai ke bahan peledak.
·         Bahan bakar yang digunakan untuk menggerakkan robot berupa aki listrik,
·         Memiliki 4 roda vespa delapan inci, plus sabuk roda untuk membantu menaiki tangga tanpa terpeleset,
·         Harga lebih murah 50 persen dibanding robot penjinak bom import yang mencapai harga Rp1 miliar per unitnya.

 

20. Pelampung Tsunami

Pelampung tsunami salah satu bentuk sistem peringatan dini tsunami (tsunami early warning system) di Indonesia, yang telah dikembangkan oleh Kementerian Negara Riset dan Teknologi sebagai koordinator pengembangan TEWS di Indonesia bersama BMG, BPPT, Bakosurtanal, LAPAN, LIPI, Dep. Kominfo, Dep. ESDM, Bappenas, Deplu, Bakornas PBP, DKP dan ITB pada awal tahun 2005. Pelampung tsunami terdiri dari sistem seafloor bottom pressure sensor (BPS) yang dapat mendeteksi kejadian tsunami sampai 1 cm, dan moored surface pelampung yang dapat digunakan untuk mengkomunikasikan informasi tsunami secara real-time. Komunikasi menggunakan gelombang akustik digunakan mentransmisikan data dari BPS di dasar laut ke surface pelampung yang ada di permukaan. Selanjutnya, unit surface pelampung akan meneruskan transmisi data dari BPS via satelit komunikasi ke Pusat Pemantauan Tsunami Nasional, dalam hal ini BMG. Surface pelampung ini tidak hanya memonitor dan mentransmisikan kejadian tsunami, tetapi juga mengamati parameter-parameter oseanografi dan meteorologi permukaan laut lainnya. Surface pelampung juga dilengkapi dengan peralatan DGPS (Differential Global Positioning System) untuk memonitor tinggi gelombang permukaan dan juga untuk memantau pergerakan pelampung (drifting).

 


21. Artav Anti Virus
  

Sepintas tak ada yang istimewa pada bocah kelas 2 SMP Negeri 48 Bandung ini. Dia
terlihat biasa layaknya anak-anak seusianya yang doyan main game dan internetan. Ternyata di balik itu, Arrival Dwi Sentosa (13) menyimpan potensi yang luar biasa di bidang teknologi anti virus.Anak kedua dari pasangan Herman Suherman (45) dan Yeni Soffia (38) ini menciptakan anti virus yang dinamakan Artav Anti Virus. Karya luar biasanya ini dibuat olehnya selama setahun dengan menggunakan komputer usang milik keluarganya.Walaupun ciptaan bocah umur belasan, namun anti virus berbasis visual basic ini cukup mumpuni dalam melawan virus lokal ataupun global. Tampilan grafis yang sederhana serta dukungan data base virus yang terus terbarui membuat Artav Anti Virus ini banyak diunduh.


 

22. Pesawat Rakitan SMK  DKI


Pesawat ini memiliki ukuran panjang sayap 9,5 meter, panjang badan 6,5 meter, dan tinggi 2,4 meter. Sedangkan bobot pesawat seberat 200 kilogram, namun mampu terbang sampai ketinggian maksimal 14 ribu kaki dengan kecepatan 130 knot. Rencananya, pesawat tersebut akan diproduksi sebanyak 20 unit.Selama perakitan, para siswa didampingi para instruktur maskapai penerbangan Garuda Indonesia Airways, Lion Air, TNI Angkatan Udara (AU), dan Federasi Aerosport Indonesia.

 

23. Smart Doctor v2.0 r 0312 


Smartdoctor adalah software multimedia kedokteran pertama berbahasa Indonesia. Software ini berisi hampir semua penyakit dalam ilmu kedokteran meliputi: penyakit mata, syaraf, THT, kulit dan kelamin, gigi dan mulut, kedokteran forensik, kedokteran jiwa, anestesi, kebidanan dan kandungan, bedah, penyakit dalam dan kesehatan anak. Masing-masing penyakit dijelaskan secara sistimatis menyangkut: definisi, etiologi, patogenesis, manifestasi klinis, diagnosis, pemeriksaan penunjang, komplikasi, penatalaksanaan dan prognosis. Pada beberapa bagian penyakit diberikan juga informasi berupa tabel, ilustrasi, gambar, audio, animasi dan video untuk lebih memberikan pemahaman yang lebih jauh.



 

 24. PCMAV Anti Virus


PCMAV merupakan salah satu antivirus yang paling terkenal di Indonesia. Versi saat ini dari PCMAV 1.93 Build 2 dapat mendeteksi dan menghapus virus sekitar 2580 virus termasuk varian dari Brontok, Aksika, Aniee, Jambanmu, dan Windx-Maxtrox, dll.
hal-hal yang baru pada PCMAV 1.93 antara lain:
  • Ditambahkan, database pengenal dan pembersih 67 virus lokal/asing/varian baru yang dilaporkan menyebar di Indonesia.
    Total 2560 virus beserta variannya yang banyak beredar di Indonesia telah dikenal di versi 1.93 ini oleh engine internal PCMAV.
  • Ditambahkan, engine cleaner khusus untuk virus Autoit beserta variannya.
  • Ditambahkan, engine cleaner khsusus untuk virus Recycler beserta variannya yang diketahui memiliki kemampuan code injection. 




25.DIGLI.com 


 DIGLI adalah situs pertemanan dengan rasa Indonesia dimana seluruh pengguna DIGLI bisa berinteraksi satu sama lain sehingga membentuk sebuah aktifitas bersosialisasi.Lebih mudah mendapatkan temanDengan DIGLI, para pengguna bisa lebih mudah mendapatkan teman-teman baru karena di sini para pengguna DIGLI lebih mudah mengakrabkan diri dengan pengguna lainnya. Selain itu, berbagai fasilitas yang tersedia sangat mendukung para penggunanya untuk menjalin komunikasi dengan pengguna-pengguna lainnya,kalau dalam penilaian situs ini menggabungkan antara facebook dengan kaskus.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar